Makanan Tepat untuk Ibu Menyusui sebagai Cara Menambah ASI Biar Banyak

Makanan Tepat untuk Ibu Menyusui sebagai Cara Menambah ASI Biar Banyak

Memiliki buah hati merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi anda dan suami, karena buah hati merupakan titipan dari Tuhan yang patut disyukuri. Salah satu hal yang ingin dilakukan ketika menjadi seorang ibu ialah menyusui buah hati sendiri menggunakan ASI. Oleh karena itu banyak cara menambah ASI biar banyak yang dilakukan oleh ibu. Cara tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa sayang dan usaha dari sang ibu kepada buah hatinya. Mengapa cara tersebut dilakukan? Cara tersebut dilakukan karena saat ini banyak ibu yang tidak bisa menyusui buah hatinya karena ASI yang keluar terlalu sedikit. Sehingga mengecewakan sang buah hati. Lalu bagaimana cara yang paling tepat?

 

Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara menambah ASI biar banyak, kita akan membahas hal-hal apa saja yang harus kita hindari ketika menyusui. Dalam hal ini ialah hal-hal yang membahayakan kita dan buah hati kita. Dampak negatif yang lazim terjadi ialah tidak keluarnya ASI. Akan tetapi, dampak yang lebih membahayakan ialah penyakit jangka panjang bagi kita dan sang buah hati. lalu, apa saja yang harus dihindari ketika memberikan ASI pada sang buah hati? Berikut rinciannya:

makananpenambahasi

  1. Jangan pernah merokok. Merokok dapat menyebabkan buah hati anda terkena penyakit pernapasan dan penyakit paru paru.
  2. Usahakan untuk tidak mengikuti program Keluarga Berencana, khususnya mengkonsumsi pil KB. Mengkonsumsi pil KB justru akan menghambat ASI yang akan keluar.
  3. Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi. Hal tersebut justru membahayakan kesehatan bayi anda.
  4. Jangan pernah begadang. Ibu yang sedang menyusui harus beristirahat dengan cukup.
Baca Juga  3 Cara Memperbanyak Asi Yang Sudah Sedikit

Setelah menghindarkan hal-hal yang tidak perlu, kini kita masuk kepada cara menambah ASI biar banyak. Penambahan ini bukan dilakukan menggunakan obat-obatan yang berbahaya, melainkan menggunakan bahan makanan yang bisa di konsumsi selama menyusui. Apa saja bahan makanan tersebut? Berikut daftarnya:

  1. Pohon pepaya. Segala sesuatu yang ada pada pohon pepaya nyatanya bisa digunakan. Mulai dari buah hingga daunnya. Hal tersebut dikarenakan buah dan daun dari pohon ini banyak mengandung vitamin maupun mineral yang diperlukan untuk menambah ASI.
  2. Daun Katu. Daun katu sejak dulu dipercaya sebagai bahan makanan yang menambah ASI. Daun katu ini mengandung banyak protein yang digunakan untuk tubuh kita.
  3. Air Putih. Ternyata air putih dapat memperbanyak ASI karena kandungan dari ASI yang memang mengandung air.

Setelah mengetahui bahan makanan sebagai cara menambah ASI biar banyak, kini kita masuk kepada cara memasaknya. Pada artikel ini akan dibahas cara mengolah daun katu yang merupakan bahan makanan untuk menambah ASI. Mengolah daun katu ini gampang-gampang sulit, namun cara yang termudah ialah mengolahnya menjadi sayur bening. Pada umumnya sama cara ketika memasak sayur bening, namun ditambahkan dengan daun katu. Pertama cuci daun katu ini, kemudian buang batang paling ujung daun katu. Mengolah daun katu ini tidak perlu dipotong-potong. Cukup dipetik saja. Langkah terakhir, ialah masukan daun katu tersebut ke dalam panci bersama bahan lainnya seperti ketika memasak sayur bening.

Baca Juga  Tips Memilih Obat Memperlancar Asi

Demikianlah berbagai hal yang menyangkut dengan cara menambah ASI biar banyak. Kunci yang dibutuhkan agar ASI anda banyak ialah terus susui buah hati anda. Jangan pernah mengeluh ketika anda menyusui buah hati anda karena menyusui merupakan bagian dari tahap yang harus dilalui. Selamat berbahagia!

pelancarasibanner