Makanan Untuk Memperbanyak Asi Yang Bisa Dikonsumsi Sehari-Hari

Makanan Untuk Memperbanyak Asi Yang Bisa Dikonsumsi Sehari-Hari

Setiap ibu pasti mendambakan memiliki anak yang sehat dan juga cerdas. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan nutrisi yang tepat bagi si buah hati. Melihat buah hati tumbuh menjdi anak yang aktif serta cerdas memang mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi orang tua.

Memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si anak terutama dengan memberikan ASI sewaktu masih bayi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Tidak sedikit ibu yang mendambakan bisa memberikan ASI secara eksklusif bagi si buah hati.

Tetapi pada kenyataannya, tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada si buah hati karena ada beberapa masalah seperti kurangnya ASI yang diproduksi oleh si ibu atau mungkin malah ASI dari si ibu tidak bisa keluar sama sekali.

Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Produksi asi secara otomatis akan tersedia pada diri ibu yang baru saja melahirkan, asi akan keluar ketika telah melahirkan bayi sekitar 3 hingga 4 hari. Tetapi untuk ibu yang sudah pernah melahirkan dan menyusui maka asi akan keluar lebih awal.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari ASI, salah satunya yaitu dapat meningkatkan kekebalan dari si bayi. Apabila bayi tetap diberi ASI hingga umur 2 tahun, hal tersebut dapat membuat tubuh bayi terhindar dari berbagai macam penyakit dan meningkatkan sistem imun.

Selain itu, ASI juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dari si bayi kelak ketika mulai tumbuh. Ada banyak sekali kelebihan ASI yang tidak bisa didapatkan oleh susu formula pada umumnya.

Baca Juga  Makanan Pelancar ASI Selain Katuk
pelancarasibanner

Kualitas ASI berasal dari apa yang dimakan oleh ibu. Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu untuk menjaga pola hidup sehat serta mengkonsumsi berbagai macam makanan yang baik dan mengandung nutrisi yang tinggi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kualitas ASI serta memperbanyak jumlahnya.  Berbagai macam makanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar tempat tinggal. Lalu, apa sajakah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memperbanyak jumlah ASI dan meningkatkan kualitasnya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

  • Buah yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C

seperti yang terdapat pada pohon pepaya, pohon pepaya yang terdiri dari bunga pepaya yang bisa di olah menjadi sebuah makanan yang lezat yang bisa membuat asi yang di hasilkan menjadi banyak. Untuk memperoleh makanan yang lezat  ibu bisa mengolah bunga pepaya dengan cara di tongseng atau di buat sayur dengan bahan-bahan lainnya, selain bunga pepaya ternyata buah pepaya juga bisa di jadikan makanan dengan mengolah pepaya yang masih mentah menjadi makanan yang enak dan lezat

  • Daun katuk

Daun yang memiliki bentuk dan ukuran kecil berwarna hijau ini rupanya memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi salah satunya yaitu dapat memperlancar asi ibu untuk si kecil. Untuk mengolah daun katuk ini, ibu bisa mengolah daun katuk untuk dijadikan sebagai sop sayuran yang menyegarkan atau masakan yang lainnya.

  • Sop

Tetapi perlu di ingat bahwa tidak semua jenis sop bisa membuat asi menjadi banyak hanya sop ikan, sop ayam atau sop daging yang bisa membuat asi yang di hasilkan cukup banyak

  • Bayam
Baca Juga  Daftar Sayuran Untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Perbanyak Asi

Sayuran yang banyak mengandung zat besi ini ternyata sangat berguna bagi tubuh terutama untuk memperbanyak ASI serta menjaga kesehatan ibu dan bayi.

  • Wortel

Banyak mengandung vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan dan kekebalan tubuh bayi.

  • Kacang tanah

Baik untuk di konsumsi ibu karena bisa membuat asi yang di hasilkan banyak karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh

  • Buah kurma

Buah yang berasal dari negeri arab ini mampu membantu ibu untuk menghasilkan asi yang banyak dengan cara mengonsumsi kurma sebagai cemilan saat ibu menyusui agar bisa menambah asupan energi

  • Bawang putih

Di yakini bisa membantu ibu untuk meningkatkan produksi asi menjadi semakin banyak

  • Daun kemangi

Daun yang memiliki bau menyengat  dank has ini ternyata juga dapat di gunakan sebagai makanan untuk memperbanyak asi yang menyehatkan bagi ibu dan bayi

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa ibu konsumsi untuk menjaga kesehatan serta memperbanyak ASI. Ibu yang baik ialah ibu yang mampu mengonsumsi makanan yang menyehatkan sehingga mampu menghasilkan asi yang banyak dan baik untuk kesehatan bayi. Semoga bermanfaat.

pelancarasibanner