6 Makanan Yang Dihindari Saat Menyusui

6 Makanan Yang Dihindari Saat Menyusui

Air susu ibu tak bisa dipungkiri menyumbang peranan yang cukup penting bagi tumbuh kembang bayi. Terlebih bagi si kecil yang sedang memasuki usia emasnya. Ya, dengan segudang nilai plus yang ditawarkan, asi bahkan disebut-sebut mampu menyuplai tak kurang dari 400 nutrisi lengkap yang tidak bisa Anda temukan pada merk susu formula pengganti atau jenis makanan lainnya. Tak heran jika banyak ibu yang memutuskan untuk memberikan asi eksklusif bagi buah hatinya.

Tak hanya pengetahuan seputar bagaimana cara menyusui saja, informasi yang berkaitan dengan makanan yang hindari saat menyusui juga menjadi hal yang mutlak untuk Anda kuasai. Sebab disadari atau tidak, hidangan apapun yang Anda santap akan berpengaruh terhadap kualitas asi yang dihasilkan, dan ini punya peranan penting dalam proses pertumbuhan si kecil.

Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai berkonsultasi dengan ibu Anda atau keluarga terdekat yang notabene pernah menyuplai asi bagi anaknya, kumpulkan info sebanyak mungkin tentu yang akurat dan benar. Setelah itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter. Tips sederhana ini setidaknya dapat menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai bahan tambahan wawasan, berikut beberapa makanan yang dihindari saat menyusui.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

6 Makanan Yang Dihindari Saat Menyusui

  1. Kafein

Kopi yang selama ini ditengarai mampu menahan nafsu makan dan kerap dijadikan minuman favorit sebelum Anda beraktifitas ternyata masuk dalam jajaran makanan yang mesti Anda jauhi. Dengan selera makan Anda yang berhasil dihalau oleh kopi, maka pasokan gizi untuk si buah hati secara otomatis akan terhenti. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga menyebabkan gangguan susah tidur.

Alasan konkrit mengapa kafein dikatakan sebagai makanan yang dihindari saat menyusui karena ia berpotensi menghambat metabolisme ibu dan bayi. Orang dewasa membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam untuk membuang separuh dari kopi yang mereka minum.

Sedangkan bayi memerlukan 15 jam untuk menetralisir kafein. Hal ini terjadi karena sistem pencernaannya belum bekerja dengan baik.

  1. Ikan lauk tinggi merkuri

Ibu yang menyusui memang memerlukan protein. Termasuk yang berasal dari sumber protein hewani seperti ikan. Namun bagi mereka yang sedang memberikan asi untuk buah hatinya lebih baik menghindari ikan dengan kadar merkuri yang tinggi. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh berisiko mendatangkan keracunan dan kanker. Beberapa ikan yang terkenal dengan zat merkuri antara lain makarel, tuna, dan ikan tongkol. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih ikan salmon yang kaya akan omega 3.

  1. Kelompok tanaman mint

Makanan yang dihindari saat menyusui selanjutnya adalah tanaman mint. Diantaranya adalah parsley, peppermint, dan basil. Semua jenis daun ini dibekali dengan senyawa aktif yang terdapat pada minyak esensial dan bisa mengakibatkan produksi asi mengalami penurunan. Masalah lain yang akan timbul adalah pencernaan dan denyut jantung yang menjadi  lebih cepat.

  1. Telur

Rata-rata bayi yang baru lahir mempunyai problem alergi. Hal ini terjadi karena produksi anthisiamin yang tidak berjalan semestinya. Jadi, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi telur atau jenis makanan yang menyertakan telur sebagai salah satu bahannya. Sebab alergi pada ibu bisa menular juga pada buah hati.

  1. Makanan yang mengandung gas

Semua hidangan yang memicu gas di perut juga harus anda hentikan. Hal ini karena makanan tersebut dapat mengakibatkan bayi mengalami perut kembung, sering menggeliat, kolik hingga menangis tiba-tiba.

Dampak lain yang ditimbulkan dari makanan yang dihindari saat menyusui ini adalah lambung dan usus mengalami iritasi sehingga bayi akan muntah setelah mendapatkan asi.

  1. Makanan pedas

Cabai memang difavoritkan oleh sebagian besar orang. Sayuran ini mengandung vitamin C yang tinggi, namun ibu yang sedang menyusui tidak diperkenankan melahap sajian berbau pedas sepert cabai, kayu manis, merica, dan paprika. Secara langsung apapun yang dimakan oleh ibu akan ditelan bayi melalui ASI yang diberikannya. Padahal kalau ditelisik lebih jauh hal ini membuat metabolisme bayi tidak optimal.

Itulah 6 makanan yang dihindari saat menyusui, pastikan Anda mengantongi sejumlah referensi lain yang akurat. Tetaplah berhati-hati dalam memilih santapan untuk Anda dan buah hati.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.