Home » Tips Ibu Menyusui » Yuk Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Yuk Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Yuk Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Bayi memang sangat rentan dengan segala jenis penyakit. Sebagai contohnya, ada banyak bayi yang mengalami diare. Ternyata hal ini malah disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu. Untuk kurangi resiko berbahaya, ada makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare. Untuk anda yang sedang menjadi ibu muda dan belum banyak pengalaman, sebaiknya sangat peka dengan segala hal penting seperti ini. Bahkan saat anda sedang menyusui segala makanan yang masuk dalam tubuh anda akan berpengaruh ke dalam kandungan ASI yang anda berikan untuk sang buah hati. Jadi, buat yang suka makan tanpa perhatikan pola nutrisi yang sehat, memang sudah harus aware dari sekarang. Jangan sampai anda malah tidak peka dengan hal ini dan malah jadi masalah untuk kesehatan si buah hati ke depannya. Berikut ini akan dibahas makanan apa saja sih yang perlu ibu hindari saat si kecil sedang diare.

Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Untuk jenis makanan pertama yang perlu dihindari saat bayi sedang diare adalah makanan yang pedas. Sudah pasti makanan pedas termasuk dalam daftar utama makanan yang seharusnya dihindari iu saat menyusui. Bukan berarti ibu tidak boleh makan makanan yang pedas, namun akan lebih baik untuk tidak berlebihan dan bahkan kurangi porsi pedas dari pada makan biasa. Hal ini akan berpengaruh ke ASI yang anda berikan kepada buah hati. Tidak jarang mereka menjadi mudah terkena diare yang sebenarnya hanya datang karena makanan yang anda makan. Kasihan bukan kalau sampai bayi anda kekurangan cairan akibat makanan yang anda konsumsi. Untuk itu, perhatikan lebih untuk tidak konsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Baca Juga  Cara Pompa Asi Agar Keluar Banyak

Makanan yang memiliki rasa peppermint juga termasyuk dalam daftar makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare. Memang rasa pedas dari peppermint dan rasa pedas dari makanan seperti cabai atau merica pasti akan berbeda. Namun, tahukah anda kalau hal ini juga berperngaruh pada ASI yang anda miliki. Tidak jarang bayi yang meminum ASI ibunya menangis karena ibunya senang konsumsi permen mint atau segala makanan yang memiliki rasa mint seperti ini. Jadi, hal ini penting untuk anda hindari terutama saat anak sedang dalam kondisi diare dan kekurangan cairan.

Buah jeruk ternyata juga menjadi salah satu factor makanan yang perlu anda hindari. Tahukah anda saat bayi sedang dalam keadaan diare maka ia akan lebih sensitive terutama dalam bagian pencernaannya. Untuk itu, jika anda mau lebih baik dalam merawat bayi saat sedang diare, maka jangan makan jeruk yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Anda bisa ganti saja jenis buahnya dengan buah papaya. Ditambah lagi, kandungan asam yang ada di dalam jeruk mungkin masih belum bisa diterima dengan baik dalam perut si kecil.

Sayur memang bagus untuk dikonsumsi, namun tidak berlebihan untuk kol dan brokoli saat anak anda sedang diare. Tahukah anda bahwa kol dan brokoli mengandung gas yang cukup membuat perut anak menjadi kembung. Hal ini menjadi sangat penting untuk diingat karena kebanyakan ibu anggap hal ini sepele. Jadi, anda harus lebih hati- hati saat anak anda sedang dalam keadaan sakit diare.

Baca Juga  Cara Menyimpan dan Memberikan Asi Saat Travelling
pelancarasibanner

Bawang putih juga penting untuk tidak banyak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Apa lagi jika bayi sedang dalam keadaan diare. Bawang putih mampu mengubah rasa ASI menjadi tidak enak. Selain bayi anda kekurangan cairan karena diare, bayi tidak akan mau meminum ASI yang rasanya tidak enak karena adanya bawang putih yang anda konsumsi.

Manfaat Dari Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Jika dilihat kembali daftar makanan di atas, pasti tidak 100% anda bisa langsung kurangi. Namun, siapa sangka dari hindari daftar makanan di atas, bayi anda lekas sembuh dari diare. Jadi, jangan remehkan daftar makanan yang harus dihindari ibu menyusui saat bayi diare seperti yang sudah tertera di atas.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini