Home » susu formula » Mana yang Lebih Baik ASI atau Susu Formula

Mana yang Lebih Baik ASI atau Susu Formula

 Mana yang Lebih Baik ASI atau Susu Formula 

Jika mempertanyakan tentang mana yang lebih baik ASI atau susu formula, maka jawabannya jelas bahwa ASI tentu lebih baik dari pada susu formula. Secara menyeluruh, zat-zat atau senyawa-senyawa yang terkandung dalam ASI lebih mudah diserap oleh tubuh bayi, sedangkan semua zat-zat dan senyawa-senyawa penyusun susu formula sulit dicerna oleh tubuh bayi. Pertumbuhan bayi yang hanya mendapatkan ASI dan bayi yang mengkonsumsi susu formula sangat Nampak perbedaannya, mulai dari segi pertumbuhan secara fisik dan perkembangan kerja otak anak. Berikut adalah beberapa perbedaan antara ASI dan susu formula yang harus ibu ketahui:

mana yang lebih baik ASI atau susu formula

  1. ASI mengandung 87.5% air sehingga bayi yang mengkonsumsi ASI tidak lagi perlu mendapatkan tambahan air, karena ASI memiliki tingkat kekentalan yang tepat dengan kandungan gizi yang banyak sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan bayi. Sedangkan susu formula yang berbentuk bubuk harus diseduh menggunakan air hangat agar kandungan gizinya tidak rusak, namun tetap saja terkadang masih saja ada bayi yang kekurangan gizi meskipun sudah minum susu formula. Hal tersebut biasanya disebabkan karena faktor ibu yang ingin menghemat sehingga membuat susu lebih encer dari yang semestinya, hal ini tentu membuat gizi yang didapatkan jadi tidak maksimal. Jadi cukup jelas tentang mana yang lebih baik ASI atau susu formula.
  2. Laktosa merupakan karbohidrat utama yang terkandung dalam ASI dan berfungsi sebagai salah satu sumber energi yang baik untuk perkembangan otak bayi. Kandungan laktosa pada ASI 2 kali lebih banyak dari pada jumlah laktosa pada susu formula. Hal ini dikarenakan jumlah laktosa yang berlebihan pada susu formula dapat mengakibatkan bayi mengalami masalah pencernaan seperti muntah dan diare. Hal itu terjadi akibat tubuh baik tidak dapat mencerna dengan baik laktosa pada susu formula. Berbeda dengan laktosa pada ASI yang meskipun jumlahnya banyak, tetap mudah diserap oleh tubuh bayi.
  3. Mana yang lebih baik ASI atau susu formula? ASI mengandung protein yang cukup tinggi, salah satunya adalah jenis protein casein yang cukup mudah diserap oleh tubuh bayi, berbeda dengan protein casein pada susu formula yang sulit diserap oleh tubuh bayi. Selain itu kandungan protein pada susu formula berpotensi mengakibatkan alergi pada bayi.
  4. Kadar lemak pada ASI lebih tinggi dibandingkan dengan kadar lemak pada susu formula. Hal ini tentu menjawab tentang mana yang lebih baik ASI atau susu formula. Kandungan lemak yang tinggi pada ASI dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan otak yang cepat untuk bayi. Kandungan lemak yang ditemukan pada susu formula berbeda dengan kandungan lemak yang ditemukan pada ASI. ASI mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. ASI juga mengandung asam lemak rantai panjang yang diantaranya adalah asam dokosaheksanoik (DHA) serta asam arakidonat (ARA) yang membantu perkembangan jaringan saraf dan retina mata. Selain itu ASI juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang berperan pada perkembangan otak bayi. Semua susu formula juga ditambahkan DHA dan ARA, namun tentu tidak sebaik yang terkandung pada ASI.
Baca Juga  Bolehkah ASI Diselingi Susu Formula?

Setelah membaca ulasan diatas masihkan ibu mempertanyakan tentang mana yang lebih baik ASI atau susu formula? Tentu tidak diragukan lagi bahwa semua ibu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, maka dari itu berilah ASI eksklusif pada bayi ibu.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini