Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Kering Paling Mudah

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Kering Paling Mudah

Sering mengalami stress, terlalu banyak pekerjaan yang membuat Bunda menjadi lebih mudah merasa lelah, ternyata dapat menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Hal tersebut sangat dirasakan oleh Ibu yang bekerja sebagai wanita karir. Dengan banyaknya kegiatan, tak sedikit ibu menyusui merasakan produksi ASI menjadi berkurang karena sudah kering. Ternyata, ada banyak cara memperbanyak ASI yang sudah kering lho Bunda. Ketidaklancaran produksi ASI dapat menghambat perkembangan anak. Terutama saat pemberian ASI eksklusif. Pemberian ASI eksklusif dilakukan sekurang-kurangnya 2 tahun semenjak bayi lahir. Pemberian ASI sangat penting untuk si bayi karena dapat menambah daya tahan si kecil sehingga tidak mudah terserang penyakit. Namun, dengan banyaknya kegiatan dan tingkat stress yang tinggi dapat mempengaruhi produksi ASI Bunda. Berikut ini adalah cara untuk memperbanyak ASI yang sedikit bahkan sudah kering.

Memperbanyak ASI yang Sudah Kering

  • Sering Menyusui

Rutin dan tidak rutin Bunda dalam menyusui si kecil ternyata dapat mempengaruhi ketidak lancaran produksi ASI. Terutama bagi para wanita karir. Waktu yang lebih banyak dihabiskan untuk bekerja menjadi salah satu faktor penghambat produksi ASI dan jadwal menyusui. Sehingga agar produksi ASI meningkat perlu adanya rangsangan yang dilakukan secara terus menerus. Salah satu cara agar produksi ASI makin banyak yaitu tetap menyusui. Meningkatkan frekuensi menyusui dapat memperlancar produksi ASI karena adanya suatu rangsangan. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI yang sudah kering bagi wanita karir? Pada awal kelahiran atau pada 72 jam pertama setelah kelahiran si kecil, Anda bisa melakukan cara memerah ASI. Memerah ASI merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan jumlah ASI secara alami.

  • Pijat Payudara
Baca Juga  8 Cara Memperlancar Asi Yang Kering

Pijat Payudara merupakan salah satu cara untuk memperbanyak ASI yang sudah kering. Ada kalanya bayi akan malas menghisap sehingga saat mengalami hal tersebut, Bunda bisa membantunya dengan memijat payudara sehingga ASI tetap mengalir. Selain karena faktor dari si kecil, faktor dari Bunda sendiri bisa terjadi dan mengakibatkan berkurangnya produksi ASI. Salah satunya yaitu saat Bunda mengalami Mastitis atau infeksi pada putting payudara sehingga saat menyusui terasa kering dan perih. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan pijat payudara dan kompres payudara sebagai cara memperbanyak ASI yang sudah kering. Infeksi tersebut dapat terjadi karena putting menjadi kering sehingga terkena iritasi. Pastikan Bunda tidak mencuci putting payudara setelah menyusui.

  • Kosongkan Kedua Payudara

Cara selanjutnya yang bisa Bunda lakukan untuk memperbanyak ASI yang sudah kering yaitu dengan cara mengosongkan Asi pada kedua payudara secara rutin. Untuk mengosongkan ASI, Anda bisa melakukannya dengan cara menyusui si kecil secara bergantian dan dengan frekuensi yang cukup lama. Apabila setelah menyusui masih terasa belum kosong, Anda bisa memompa ASI sehingga bisa tergantikan pada ASI yang baru. Hal tersebut dimaksudkan agar ASI yang sudah diproduksi dapat langsung dialirkan sehingga produksi ASI terus lancar dan tetap fresh. Memompa ASI juga bisa dilakukan pada saat kerja sehingga Anda bisa melakukannya pada saat jam istirahat kerja. Anda bisa memompa ASI secara bergantian atau keduanya secara langsung. Cara ini merupakan cara memperbanyak ASI yang sudah kering paling mudah. Terlebih lagi bagi wanita karir yang memiliki banyak sekali kegiatan.

Baca Juga  Buah Untuk Memperbanyak ASI Yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Nah, itulah beberapa cara memperbanyak ASI yang sudah kering. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara rutin, produksi ASI Bunda akan terus terjaga dan tetap fresh.

pelancarasibanner