Home » Tips Ibu Menyusui » Mengenali Ciri-Ciri Anemia Pada Ibu Menyusui

Mengenali Ciri-Ciri Anemia Pada Ibu Menyusui

Mengenali Ciri-Ciri Anemia Pada Ibu Menyusui

Anemia menjadi penyakit yang tidak bisa dihindari begitu saja. Anemia yang dapat menyerang siapa saja tentunya menjadi salah satu penyakit yang wajib diwaspadai. Oleh karenanya kekurangan darah atau yang sering disebut sebagai anemia harus segera diatasi. Terutama untuk ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui. Ibu yang sedang menyusui memerlukan asupan nutrisi yang sesuai untuk membantu produksi asi menjadi lebih maksimal. Selain membantu produksi asi secara maksimal, nutrisi yang benar akan membantu bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan mendapatkan asupan nutrisi terbaik dari asi. Meskipun digolongkan ke dalam golongan wanita yang sangat rentan terkena anemia, namun ibu menyusui juga memiliki hak untuk tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Namun sayangnya banyak ibu-ibu yang belum mengenali ciri ciri anemia pada ibu menyusui yang patut diwaspadai.

Ciri-Ciri Anemia Pada Ibu Menyusui Yang Patut Diwaspadai

Anemia yang memiliki banyak resiko serta dampak yang cukup besar untuk kehidupan sehari-hari bisa mengintai siapa saja. Termasuk mengintai ibu yang sedang menyusui. Namun sayangnya kebanyakan dari ibu menyusui sama sekali tidak mengenali ciri ciri anemia pada ibu menyusui secara jelas. Sehingga penanganannya tidak bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Berikut adalah ciri-ciri anemia yang patut diwaspadai jika itu terjadi pada Anda:

Ciri-Ciri Anemia Pada Ibu Menyusui

  • Sering sakit kepala. Anemia yang salah satunya dicirikan dengan seringnya frekuensi sakit kepala tentu saja harus diwaspadai. Sering kali keluhan sakit kepala sering dianggap sebagai keluhan remeh yang tidak segera diatasi dengan baik. Sakit kepala sebenarnya sudah merupakan pertanda bahwa dalam tubuh ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi kesehatannya. Sakit pada bagian kepala pada orang yang terkena anemia disebabkan oelh aliran oksigen yang kurang lancar saat sedang membawa darah sampai ke otak. Demikan juga ciri anemia pada ibu yang sedang menyusui. Bagi Anda yang sering terkena sakit kepala ketika sedang menyusui, maka Anda wajib waspada jangan-jangan anemi sedang mengintai Anda. Jika hal ini menimpa Anda, maka tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan diri untuk ditangani lebih lanjut oleh dokter yang berpengalaman.
  • Mudah sekali lelah. Bagi ibu yang sedang menyusui terkadang lelah itu dianggap sebagai salah satu hal yang wajar. Bahkan rasa lelah dianggap sebagai salah satu hal yang wajar. Sebab rasa lelah tersebut disebabkan oleh siklus tidur ibu yang kurang teratur. Terutama karena bayi yang sering sekali terbangun dan membutuhkan asupan asi. Jika Anda sudah merasakan lelah dan frekuensinya terlalu sering, maka Anda harus sangat waspada. Sebab rasa lelah ini bisa jadi pertanda Anda sedang terkena anemia. Jika hal itu terjadi ada baiknya Anda segera melakukan konsultasi kepada dokter yang lebih berpengalaman agar keluhan penyakit Anda bisa segera diatasi dengan baik.
Baca Juga  Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Anemia Pada Ibu Menyusui

Anemia yang terjadi pada ibu menyusui memang terkadang sulit sekali dikenali. Bahkan dengan berbagai kesibukan mengurus bayi yang baru lahir, sering kali pertanda ini diabaikan oleh ibu. Sehingga penanganannya tidak bisa dilakukan secara tepat dan cepat. Padahal anemia pada ibu yang menyusui memiliki dampak yang cukup besar pada kondisi kesehatan ibu sendiri. Mengenali ciri ciri anemia pada ibu menyusui sejak awal gejala ini muncul memang menjadi salah satu cara yang paling aman supaya Anda bisa mengetahui apakah gejala tersebut merupakan gejala anemia yang berbahaya maupun gejala penyakit lainnya.

Anemia pada ibu menyusui bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kurang lancarnya oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh menyebabkan pasokan darah yang mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, pasokan darah tersebut berkurang secara drastis. Faktor lainnya yang cukup mendasar mengapa ibu menyusui sangat rentan terkena anemia adalah faktor kelelahan. Kelelahan mengurus bayi menjadi faktor yang cukup dominan pada ibu menyusui. Selain itu, faktor makanan yang kurang bergizi serta asupan gizi yang kurang juga bisa menjadi pemicu utama munculnya keluhan anemia pada ibu yang sedang menyusui yang patut untuk diwaspadai secara detail.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini