Home » makanan memperbanyak asi » Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

Menjadi seorang Ibu tentunya menjadi sesuatu yang sangat membahagiakan dan keberuntungan. Berbagai persiapan sebelum menjelang kelahiran sudah dipersiapkan dengan sangat baik mulai dari tempat tidur bayi, pakaian, minyak telon, bedah, sarung kaki, sarung tangan, dan masih banyak lagi. Menu makanan Ibu menyusui 6 bulan pertama juga menjadi hal penting yang menjadi perbincangan hangat entah di keluarga atau pun ketika berkumpul bersama teman-teman yang bersedia datang ke rumah untuk menemani Anda yang gugup karena sudah hamil dengan umur kandungan mencapai sembilan bulan. Berbagai informasi pun dicari dari berbagai sumber entah dari referensi internet, buku-buku ataupun konsultasi langsung dengan dokter.

Nah, pada kesempatan kali ini secara singkat dan padat akan dibahas mengenai beberapa jenis menu makanan ibu menyusui 6 bulan pertama yang mungkin sejak sebelum melahirkan sudah harus dipersiapkan.

Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat yang harus dipenuhi oleh seorang ibu dalam masa menyusui sebesar 65 gram dalam satu hari atau sebesar satu setengah porsi nasi. Jadi jika Anda tidak suka nasi maka bisa jadi beberapa olahan nasi seperti bubur, arem-arem, dan lain sebagainya bisa menjadi jalan alternatif. Contohnya singkong, kentang, roti, mie, makaroni, ubi dan lain-lain.

  1. Lemak

Lemak menjadi salah satu menu makanan ibu menyusui 6 bulan pertama yang bermanfaat untuk mengisi tenaga dan secara langsung menjadi salah satu penentu produksi ASI dan membawa vitamin yang masuk dalam tubuh dilarutkan ke dalam lemak pada ASI. Nah, sudah jelas jika semakin banyak lemak yang dikonsumsi maka jumlah ASI akan semakin banyak pula. Untuk memenuhi kebutuhan ini maka Anda bisa mengkonsumsi empat sendok minyak. Contohnya ikan salmon, tongkol, tenggiri, minyak jagung, sarden, minyak kedelai dan lain-lain.

  1. Vitamin dan Mineral
Baca Juga  Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu bisa dengan mudah didapatkan dan dikonsumsi tubuh yaitu melalui buah-buahan dan sayur-sayuran. Berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu sekaligus dengan jenis makanan yang menjadi sumbernya adalah yodium (minyak ikan), vitamin A (mentega, kuning telur, sayuran hijau), zat besi (makanan dari laut dan kacang-kacangan). Vitamin C (buah-buahan), kalsium (susu, keju), vitamin B1 dan vitamin B2 (hati, padi).

  1. Cairan

Cairan menjadi hal yang sangat dibutuhkan agar tubuh tidak dehidrasi. Cairan ini juga sangat penting untuk menghasilkan ASI yang berkualitas dalam waktu yang cepat yaitu dengan minum air putih sebanyak dua sampai dengan tiga liter setiap harinya atau setara dengan meminum air putih sebanyak delapan gelas atau bahkan lebih.

  1. Protein
pelancarasibanner

Protein juga menjadi salah satu menu makanan ibu menyusui 6 bulan pertama yang tentunya sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi dari air susu ibu yang berkualitas, tambahan protein yang dibutuhkan ketika menyusui sejumlah satu porsi daging atau tempe. Contoh dari makanan yang mengandung protein adalah daging, susu, unggas, ikan, telur yaitu protein dari hewan atau hewani sedangkan untuk protein dari tumbuhan atau protein nabati seperti kacang-kacangan dengan hasil olahan tempe dan tahu.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI dengan kualitas paling baik tentunya bisa dilakukan jika kondisi tubuh ibu juga memiliki berbagai jenis kandungan dari berbagai menu makanan ibu menyusui 6 bulan pertama yang dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Baca Juga  Daftar Sayuran Untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Perbanyak Asi
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!