Home » pengaruh kb » Ketahui Pengaruh KB Implan Terhadap ASI

Ketahui Pengaruh KB Implan Terhadap ASI

Ketahui Pengaruh KB Implan Terhadap ASI untuk Keamanan Sang Buah Hati

Setelah melahirkan, beberapa wanita memilih untuk menggunakan KB untuk mencegah kehamilan. Salah satu KB yang sedang populer saat ini adalah KB implan atau KB susuk. KB ini menggunakan tabung kecil berisi hormon yang bekerja mencegah kehamilan. Apakah ada pengaruh KB implan terhadap ASI? Menurut studi, sama seperti KB suntik, KB implan masih aman digunakan dan tidak berpengaruh terhadap produktivitas ASI Anda. Bahkan, KB implan memiliki banyak manfaat dibandingkan jenis KB lainnya. Sebelum mengetahui manfaat dan dampak dari tabung implan, simak informasi berikut mengenai cara kerja KB implan.

Apa pengaruh KB implan terhadap ASI

Apa pengaruh KB implan terhadap ASI? Simak dulu Cara Kerja KB Implan atau KB Susuk

Saat menggunakan KB implan, nantinya akan ada tabung plastik kecil berisi hormone yang dimasukan ke dalam kulit Anda. Tabung ini nantinya akan melepas hormone progestin yang berfungsi mencegah kehamilan yaitu dengan cara menggagalkan proses ovulasi. Tak hanya itu, hormone progestin ini nantinya akan membuat lendir di sekitar dinding rahim menebal. Jadi, sperma akan sulit untuk menembus lapisan ini. Dengan begitu, kehamilan akan bisa dicegah. Namun, selain efektif mencegah kehamilan, KB implan ternyata juga memiliki manfaat yang lain.

Manfaat Menggunakan KB Implan

  1. Tidak Mempengaruhi ASI

Hal yang sering sekali ditakutkan saat menggunakan KB jenis ini adalah bagaimana pengaruh KB implan terhadap ASI. Padahal, KB implan sama sekali tidak mempengaruhi produktivitas ASI Anda. Bahkan, KB implan merupakan jenis KB yang terbaik dan sangat disarankan untuk para wanita yang masih menyusui. KB implan tidak mempengaruhi kualitas dan jumlah ASI Anda. Selain itu, hormon pada KB ini juga tidak akan mempengaruhi terhadap tumbuh kembang sang buah hati.

  1. Aman dan Efektif
Baca Juga  Benarkah KB Suntik 3 Bulan Berpengaruh Terhadap ASI? Ini Jawabannya

Saat ingin menggunakan KB, jenis KB implan merupakan KB yang saat ini sering sekali dijadikan rekomendasi dokter. Hal ini karena KB implan sangat efektif mencegah kehamilan dan aman untuk digunakan. Bahkan, hanya ada 0,2 hingga 1 kehamilan yang terjadi dari 100 wanita.

  1. Masa Kerja Panjang
pelancarasibanner

Bagi Anda yang mulai lelah dengan minum pil KB, Anda bisa beralih ke KB implan. KB ini memiliki masa kerja hingga 5 tahun lamanya. Bahkan, jangka waktu terpendek dari jenis KB ini adalah 1 tahun. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk minum pil KB atau suntik KB.

  1. Bisa Subur Kembali Dalam Waktu Cepat

Jika KB jenis lainnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk kembali subur, KB implan tidak memiliki jangka panjang terhadap kesuburan Anda. Setelah pengangkatan implan, kehamilan bisa saja terjadi dalam waktu yang normal. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama jika ingin merencanakan kehamilan kembali.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari KB implan yang bisa Anda dapatkan. Meskipun memberikan berbagai keuntungan, KB implan juga memiliki dampak tersendiri. KB implan bisa mengubah siklus menstruasi pada diri Anda di tahun pertama. Selain itu, keluhan lain yang biasanya pengguna rasakan adalah sakit kepala, penambahan berat badan, munculnya jerawat, dan perubahan emosi. Namun, dari sekian dampak negative dari KB implan, sampai saat ini tidak ada pengaruh KB implan terhadap ASI. Artinya, Anda tetap bisa memberikan ASI eksklusif kepada buah hati Anda tanpa harus takut pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Bagi Anda yang ingin tetap memberikan ASI eksklusif sekaligus menunda kehamilan, KB implan bisa menjadi solusi yang tepat. Jadi, bagi ibu menyusui tetap aman menggunakan KB implan karena tidak ada pengaruh KB implan terhadap ASI.

Baca Juga  Cara Memperbanyak ASI Setelah KB Suntik 1 Bulan
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!