Home » payudara menyusui » Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu

Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu

Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu dan Cara Mengatasinya

Memiliki buah hati memang menjadi hal yang ditunggu seorang ibu. Saat menjadi ibu, pastinya kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Setiap ibu pasti memiliki impian untuk memberikan ASI eksklusif. Namun, bagaimana jika anak tidak ingin menyusu? Anda pasti bingung apa penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. Hal ini tentunya juga akan membuat Anda stres jika bayi terus-terusan rewel sangat ingin disusui. Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir dulu. Hal seperti ini memang sering sekali terjadi pada beberapa bayi dan ini masih menjadi masalah normal. Berikut beberapa alasan mengapa bayi seringkali menangis saat disusui.

Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu

  1. Aliran ASI yang Cepat

Pada awal waktu bayi menyusu, biasanya mereka akan menghisap ASI secara cepat. Hisapan ini ternyata berdampak terhadap saraf yang berada di ujung puting dan membuat ASI mengalir semakin lancar. Namun, setelah ASI mulai mengalir lancar, bayi biasanya akan menghisap dengan berirama. Nah, beberapa ibu yang payudaranya penuh biasanya akan mempunyai aliran ASI yang lancar dan cepat bahkan di awal proses menyusui. Padahal, tidak semua bayi mampu menangani aliran yang cepat. Karena tidak bisa mengatasinya, bayi akhirnya menjadi tersedak bahkan hingga batuk. Situasi inilah yang akhirnya yang menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. Namun, tak jarang juga bayi yang rewel saat aliran ASI sang ibu lambat. Untuk kondisi ini, Anda bisa coba menyusui bayi dengan payudara lainnya.

  1. Salah Posisi
Baca Juga  Efek Pompa ASI Terhadap Payudara

Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu yang lainnya adalah posisi saat proses menyusui. Bayi bisa saja menjadi rewel karena posisi saat menyusui salah, sehingga ia jadi merasa tidak nyaman. Jadi, usahakanlah bayi berada di posisi yang nyaman. Posisi yang benar tidak hanya membuat bayi lebih rileks tetapi juga membantu bayi menyusu dengan efektif.

  1. Bayi Sudah Kenyang

Saat proses menyusui, tak jarang para ibu memberikan jangka waktu tertentu. Ini biasanya dilakukan agar bayi mendapatkan ASI yang cukup. Padahal, ada beberapa bayi yang memang menyusu dengan durasi yang pendek, terlebih bayi yang baru saja lahir. Jadi, jika bayi rewel dan tidak mau menyusu, bisa saja bayi sudah merasa kenyang.

  1. Tumbuh Gigi

Hal lain yang bisa jadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu adalah bayi Anda sedang mengalami tumbuh gigi. Saat giginya tumbuh, gusi bayi akan menjadi bengkak. Hal ini tentunya akan membuat dia sakit dan rewel saat disusui. Jika memang bayi Anda sedang mengalami tumbuh gigi, Anda bisa berikan mainan khusus sebelum proses menyusui.

  1. Ngantuk dan Lelah

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami lelah dan ngantuk. Setiap bayi umumnya berbeda. Ada yang bisa menyusu hingga tidur pulas, tapi ada pula yang rewel disusui ketika lelah dan ngantuk. Di situasi ini, Anda bisa biarkan bayi untuk beristirahat dahulu, dan setelah ia segar kembali Anda bisa coba untuk menyusuinya lagi.
Nah, itulah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bayi rewel saat disusui. Masalah seperti ini umumnya masih merupakan hal normal yang sering terjadi. Namun, selain faktor ASI ternyata juga bisa membuat bayi jadi rewel. Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu bisa dikarenakan rasa ASI yang asin karena peradangan payudara atau makanan. Tak hanya itu, bayi bisa saja rewel karena tidak menyukai wangi parfum atau lotion yang Anda gunakan.

Baca Juga  Pola Makan Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing dan Sehat
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!