Home » susu formula » Perbedaan Perkembangan Bayi ASI dengan Susu Formula

Perbedaan Perkembangan Bayi ASI dengan Susu Formula

Perbedaan Perkembangan Bayi ASI dengan Susu Formula 

Pernahkah ibu memperhatikan antara perkembangan bayi ASI dengan susu formula? Banyak ibu yang tidak menyadari hal ini karena kurangnya pengetahuan tentang pengaruh yang ditimbulkan oleh pemberian ASI eksklusif dengan pemberian susu formula pada bayi. Perlu diketahui bahwa ASI merupakan makanan terbaik yang bisa ibu berikan pada bayi ibu, jadi bagaimanakah dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI sama sekali dan justru mendapatkan asupan susu formula sebagai makanan utama si bayi karena berbagai faktor seperti kurangnya produksi ASI ibu atau banyaknya aktifitas pekerjaan yang harus diselesaikan oleh ibu sehingga menyerahkan perawatan bayinya pada babysitter, hal ini tentu berdampak pada berkurangnya kemungkinan si ibu untuk menyusui anaknya. Berikut adalah beberapa perkembangan bayi ASI dengan susu formula:

Perbedaan Perkembangan Bayi ASI dengan Susu Formula

  1. Pertumbuhan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif lebih maksimal ketimbang bayi yang hanya mendapatkan susu formula saja. Kata pertumbuhan merajuk pada bertambahnya ukuran dan jumlah sel pada bayi sehingga menunjukkan perubahan secara fisik seperti bertambahnya berat badan dan panjang dan ukuran kepala bayi.
  2. Perkembangan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif juga lebih maksimal ketimbang bayi yang hanya mendapatkan susu formula. Kata perkembangan di sini merajuk pada bertambahnya kemampuan yang bersifat kualitatif seperti bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi sel menjadi lebih kompleks.
  3. Kandungan gizi lengkap yang terkandung dalam ASI bersifat mudah dicerna oleh tubuh bayi. Hal ini menjadikan ASI sebagai asupan yang sangat baik dalam menstimulasi otak bayi dalam hal keterampilan, kecerdasan, ketangkasan, emosi, mental, dan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Hal ini tentu sangat berbeda dengan bayi yang hanya mendapatkan susu formula, sehingga tampak jelas perkembangan bayi ASI dengan susu formula.
  4. Tidak hanya dari segi pertumbuhan secara fisik saja, dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi akan sangat membantu meningkatkan integritas dan kredibilitas anak sejak dini.
  5. Dengan memberikan ASI eksklusif yang rasanya cenderung mengikuti rasa dari zat-zat atau senyawa-senyawa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Hal ini sangat penting untuk melatih anak ketika besar nanti untuk mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran, sehingga anak tidak akan memilih-milih makanan. Hal tersebut sangat menunjukkan perkembangan bayi ASI dengan susu formula, dimana bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula dapat menjadi faktor yang melatarbelakangi bayi akan menderita kegemukan atau obesitas saat dia besar nanti.
  6. ASI mengandung zat kekebalan yang dapat membantu bayi melawan bakteri jahat dan virus. Perlu diketahui bahwa dengan menyusui bayi ibu secara langsung, tanpa ibu ketahui bahwa sebenarnya ibu sedang memberikan perlindungan lebih terhadap bayi, hal ini disebabkan oleh payudara ibu yang secara otomatis memproduksi antibody baru secara terus menerus melalui air susu atau ASI ibu. Artinya jika ibu memompa ASI dari payudara lalu diberikan kepada bayi, maka tidak ada kontak langsung dengan bayi sehingga bayi tidak mendapatkan antibodi dari payudara ibu. Hal ini sudah cukup menunjukkan perkembangan bayi ASI dengan susu formula, dimana bayi yang hanya meminum susu formula tidak mendapatkan anti bodi yang cukup untuk melindungi kekebalan tubuhnya.
Baca Juga  4 Merk Susu Formula yang Kandungannya Mendekati ASI

Itulah beberapa ulasan tentang perbedaan perkembangan bayi ASI dengan susu formula. Sudah sangat jelas bahwa ASI jauh lebih baik dari pada susu formula, maka dari itu bagi para ibu menyusui, sekarang beralihlah ke pemberian susu eksklusif.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini