Home » melancarkan asi » Bunda, Yuk Pijat untuk Melancarkan ASI

Bunda, Yuk Pijat untuk Melancarkan ASI

 Bunda, Yuk Pijat untuk Melancarkan ASI

Seorang wanita yang telah melahirkan, mendapatkan karunia seorang anak. Kewajiban untuk merawat, menjaga, serta menyayangi bayinya tersebut merupakan tugas seorang ibu. Seperti halnya dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada sang bayi, sebagai asupan makanannya. Namun, bagaimana jika Anda merasa takut dalam memberikan ASI karena akan tidak lancar? Tidak perlu takut, Anda bisa melakukan pijat untuk melancarkan ASI sebagai pemecahan masalah itu.

Biasanya ketakutan akan ketidak lancaran dalam memberikan ASI kepada sang bayi, disebabkan oleh beberapa hal seperti, kondisi kesehatan Anda yang kurang baik, kurangnya istirahat, dan banyaknya pikiran (stress). Tetapi Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal itu, karena Anda bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan mudah. Dengan melakukan beberapa model pijat untuk melancarkan ASI Anda, sekaligus juga bisa merelaksasikan Anda yang sedang menyusui.

Pijat untuk Melancarkan ASI

Berikut beberapa model pijat untuk melancarkan ASI yang bisa ibu menyusui lakukan agar lancar dan juga membuat Anda nyaman.

  1. Pijat Laktasi

Pijat laktasi ini merupakan model memijat pada payudara Anda untuk memperlancar ASI Anda. Melakukan pijat laktasi ini tidak sulit, Anda bisa melakukannya sendiri. Cara untuk melakukan pijat laktasi ini:

  • Pertama, angkat payudara Anda (satu sisi) dengan posisi tangan kiri berada di bawah payudara, dan tangan kanan berada di atas menahan payudara Anda. Setelah itu, gerakan kedua tangan Anda secara maju mundur dan lembut (secara berlawanan).
  • Selanjutnya, Anda bisa meletakan kedua telapak tangan di satu sisi payudara Anda. Lalu, gerakan kedua tangan secara naik turun dan lembut (secara berlawanan).
  • Kemudian, angkat satu sisi payudara Anda dengan tangan kiri Anda dan buat gerakan melingkar di atas puting susu dengan 3 / 4 jari tangan kanan Anda. Lalu gerakan juga di sekitar puting susu.
  • Setelah itu, urut payudara Anda secara perlahan dengan kedua jari tangan Anda. Lakukan dari bagian samping payudara menuju ke puting susu.
  • Sebagai finishing, puntir secara perlahan puting susu Anda menggunakan telunjuk dan ibu jari.
Baca Juga  6 Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Cara-cara tersebut dilakukan masing-masing sebanyak 10-20 kali, dan tentu saja dilakukan pada kedua sisi payudara Anda secara bergantian.

  1. Pijat Oksitosin

Pijat oksitosin juga merupakan salah satu model pijat untuk melancarkan ASI yang bisa Anda lakukan. Berbeda dengan pijat laktasi, pada pijat oksitosin ini Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukannya. Karena, pijat oksitosin ini merupakan pijat yang dilakukan pada bagian punggung dan bahu. Cara melakukan pijat oksitosin ini:

  • Mula-mula, posisikan tubuh Anda dengan duduk bersandar ke depan, letakkan kedua tangan di atas meja sebagai sandaran kepala Anda.
  • Lalu, orang yang memijat melakukan pijatan di kedua sisi tulang belakang Anda, dan juga dilakukan pada bagian tulang belakang leher. Lakukan pemijatan secara naik turun atau juga bisa secara memutar, dan gerakan secara perlahan sambil bergeser arah pijatannya.
  • Setelah itu, pemijat bisa menekan sedikit kuat dengan kedua ibu jarinya dan digerakan secara melingkar kecil. Pijatan ini bisa dilakukan mulai dari leher, turun ke bahu, tulang belikat, hingga ke punggung. Pijat oksitosin ini, bisa Anda lakukan selama 3 menit saja.
pelancarasibanner

Jadi, bagi Anda yang merasa sedang stress, kurang enak badan, dan kurang istirahat, sehingga menyebabkan ASI Anda tidak lancar saat menyusui sang bayi, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Anda hanya perlu melakukan cara dan model pijat untuk melancarkan ASI yang sudah dijelaskan di atas, sehingga Anda bisa mempraktekannya. Selain dapat memperlancar ASI Anda, pijatan-pijatan ini juga bisa membuat ibu menyusui menjadi nyaman dan rileks kembali.

Baca Juga  Cara Melancarkan Asi Secara Alami
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini