Home » payudara menyusui » Pola Makan Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing dan Sehat

Pola Makan Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing dan Sehat

Pola Makan Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing dan Sehat

Setiap perempuan pasti mengalami baby weights. Baby Weights merupakan keadaan yang mana berat badan naik secara drastis pada saat hamil dan tidak langsung turun begitu melahirkan. Ibu yang menyusui masih memiliki berat badan berlebih. Untuk menurunkan berat badan yang berlebih mereka harus menerapkan pola makan ibu menyusui agar tetap langsing dan juga sehat. Ibu menyusui tidak bisa menerapkan pola diet yang ketat karena hal itu bisa mempengaruhi produksi ASI serta kesehatan bayi. Oleh karena itu, di bawah ini ada cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, tanpa membahayakan kesehatan ibu menyusui dan bayi.

Pola Makan Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing

  • Perbanyak Konsumsi Protein

Pola makan ibu menyusui agar tetap langsing yang harus diterapkan adalah memperbanyak jumlah asupan protein yang diproduksi setiap hari. Jangan sampai ibu menyusui kekurangan protein karena bisa menyebabkan ibu menyusui cepat lelah dan produksi ASI menjadi tidak lancar. Protein membantu ibu menyusui mendapatkan tenaga untuk menyusui bayinya dan melakukan aktivitas sehari-hari. ASI dengan kadar protein yang tinggi membantu menguatkan otot bayi. Sehingga, bayi bisa tumbuh secara optimal.

Protein untuk ibu menyusui dan bayi terdiri dari jenis yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati bersumber dari tumbuhan seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Sedangkan, protein nabati bersumber dari hewan seperti daging, susu, telur. Ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang mengandung dua jenis protein tersebut untuk menurunkan berat badan.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Baca Juga  Teknik Memerah ASI dengan Tangan yang Mudah

Sayur dan buah tidak boleh dilupakan dalam pola makan ibu menyusui agar tetap langsing. Sayur dan buah mengantung beragam vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayur dan buah juga mengandung kadar air yang tinggi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama menyusui. Selain itu, sayur dan buah mengandung kadar serat yang bermanfaat bagi kelancaran saluran pencernaan. Sayur dan buah bisa dikonsumsi bersamaan dengan menjadikannya jus dan dikonsumsi setelah makan.

  • Perbanyak Konsumsi Daging dan Ikan

Pola makan ibu menyusui agar tetap langsing yang baik harus menyertakan daging dan ikan agar ibu menyusui mendapatkan gizi yang seimbang. Daging dan ikan merupakan sumber protein hewani yang besar serta mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel otak bayi. Daging yang dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah daging bebas lemak seperti daging ayah kampung dan ayam kalkun. Sedangkan, daging ikan yang disarankan untuk menurunkan berat badan ibu menyusui adalah ikan air tawar yang tinggal di perairan yang bebas dari merkuri. Daging dan ikan tersebut diolah dengan cara dikukus atau ditumis dengan minyak zaitun agar kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh bisa terjaga.

  • Perbanyak Konsumsi Air

Ibu menyusui harus mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi dan produksi ASI lancar. Ibu menyusui disarankan mengonsumsi 10 sampai dengan 15 gelas air setiap hari.

  • Olahraga secara Rutin
Baca Juga  Efek Pompa ASI Terhadap Payudara
pelancarasibanner

Mengatur berat badan tidak hanya dengan mengatur pola makan ibu menyusui agar tetap langsing. Olahraga diperlukan agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Namun, ibu menyusui tidak boleh melakukan olahraga yang berat karena bisa membuat tubuh menjadi cepat lelah. Lakukan saja olahraga ringan agar tubuh bergerak aktif seperti berjalan santai selama 15 sampai dengan 30 menit setiap hari. Ada baiknya jalan santai ini dilakukan pagi hari agar mendapatkan udara yang masih segar.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!