Home » susu formula » Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI

Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI

Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI, Perlu Diperhatikan

Susu bagi seorang bayi adalah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi. Salah satu makanan yang terbaik sekaligus yang paling bergizi adalah ASI. Pada usia bayi saat diatas 6 bulan pemberian susu formula sudah diperbolehkan untuk bisa menambah sumber nutrisi tambahan untuk bayi. Biasanya bayi lebih mengenali rasa dari makanan yang baru pertama diberikan. Sehingga butuh penyesuaian terhadap rasa susu formula dan perlu memilih susu dengan rasa susu formula yang mendekati ASI. Susu formula yang baik tentu memiliki nutrisi yang juga mendekati nutrisi ASI. Tidak hanya nutrisi, bayi ternyata lebih mengenali rasanya dan hal ini lah yang kadang membuat bayi menolak untuk minum susu formula karena sudah terbiasa minum ASI. Upaya yang perlu dilakukan seorang ibu dengan hal tersebut adalah ibu perlu memilih susu formula yang memiliki rasa mendekati ASI.

Bayi yang sudah terbiasa diberi ASI akan menolak saat diberikan susu formula pada saat pertama. Penolakan ini karena bayi sudah terbiasa dan lebih mengenal ASI sebagai makanan utamanya maka diperlukan rasa susu formula yang mendekati ASI. Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa bayi menolak saat diberikan susu formula, antara lain :

Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI

  1. Ketika ibu memberikan makanan pendamping ASI yang lebih banyak mengandung kadar glukosa darah, maka bayi akan merasa kenyang. Sehingga saat akan diberikan susu formula bayi bisa saja menolak. Hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki pola pemberian komposisi makanan yang sesuai.
  2. Kondisi psikologis juga bisa mempengaruhi penolakan karena dimungkinkan bayi mengingat pengalam yang pernah dialaminya saat akan diberikan susu formula.
  3. Gangguan fisik yang terjadi pada bayi juga bisa mempengaruhinya. Misalnya saat sakit, bayi bisa merasa kesulitan dan akan menolak susu formula.
  4. Hal yang paling mempengaruhi penolakan pemberian susu formula adalah pada rasanya.
Baca Juga  Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula

Dari beberapa hal tersebut yang sangat mempengaruhi adalah bayi tidak suka dengan rasa dari susu formula. Sehingga perlu diberikan susu dengan rasa susu formula yang mendekati ASI. Cara ini dianggap paling ampuh untuk bisa memberikan nutrisi tambahan bagi bayi karena bayi lebih mengingat rasa dari makanan yang sudah lama diberikan secara terus menerus, meskipun bayi tidak mengetahuinya.

Rasa susu formula yang mendekati ASI bisa lebih diterima oleh bayi, bayi akan lebih mengenal dan menganggapnya sebagai makanan yang biasa dikonsumsinya. ASI memiliki rasa yang kadang juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Rasanya berubah-ubah, namun bayi tetap bisa menerima. Susu formula memiliki rasa yang cenderung lebih monoton, sehingga bayi kadang menolak untuk meminum susu formula. Rasa dari susu formula juga kini sudah banyak sekali divariasikan seperti rasa coklat dan vanilla. Rasa tersebut belum dikenali oleh bayi sehingga butuh penyesuaian untuk bisa memberikan susu formula.

Upaya untuk menambah nutrisi tambahan untuk bayi memang banyak sekali yang akan mempengaruhi atau menghambat. Tetapi, dengan melakukan suatu pelatihan pada bayi agar bisa minum susu formula. Lebih baik memberikan susu dimana rasa susu formula yang mendekati ASI. Namun, untuk menemukan susu yang demikian diperlukan usaha ekstra. Sehingga untuk membuat bayi terbiasa maka perlu dilakukan pelatihan minum susu formula. Mulanya dengan cara pemberian takaran susu formula yang sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan untuk bisa membiasakan diri sebagai proses adaptasi.

Baca Juga  Perbedaan Perkembangan Bayi ASI dengan Susu Formula
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!