Home » makanan memperbanyak asi » Resep Cemilan Untuk Ibu Menyusui yang Bergizi

Resep Cemilan Untuk Ibu Menyusui yang Bergizi

Resep Cemilan untuk Ibu Menyusui yang Bergizi

Hormon prolaktin dan oksitosin merupakan hormon yang penting untuk ibu menyusui. Hormon prolaktin berfungsi untuk merangsang produksi ASI. Sedangkan, hormon oksitosin berfungsi untuk merangsang keluarnya ASI dari kelenjar payudara. Agar hormon prolaktin dan oksitosin bisa berfungsi dengan baik, ibu menyusui harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Resep cemilan untuk ibu menyusui bisa dipraktekkan untuk merangsang kinerja kedua hormon tersebut. Sehingga, produksi ASI menjadi berlimpah dan bayi tidak akan kekurangan nutrisi. Dalam memilih camilan, ibu menyusui harus memerhatikan kandungan gizi di dalam camilan tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan gizi di dalam camilan akan memengaruhi kandungan gizi di dalam air susu yang dihasilkan. Camilan untuk ibu menyusui harus memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang rendah. Camilan dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi bisa memicu timbulnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Resep cemilan untuk ibu menyusui

Di bawah ini ada beberapa bahan baku untuk resep cemilan untuk ibu menyusui yang bisa dikreasikan sesuka hati.

  • Buah

Buah merupakan bahan makanan yang tepat untuk camilan ibu menyusui. Buah mengandung kadar air dan serat yang tinggi. Sehingga, ibu menyusui dan bayi bisa terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Buah juga mengandung berbagai macam vitamin, terutama vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah bisa diolah menjadi salad atau jus buah untuk dijadikan resep cemilan untuk ibu menyusui yang sehat.

  • Makanan Berkarbohidrat
Baca Juga  Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

Menyusui merupakan aktivitas yang melelahkan. Hal ini dikarenakan ASI yang diminum oleh bayi turut menguras tenaga ibu. Oleh karena itu, resep cemilan untuk ibu menyusui harus mengandung kadar karbohidrat yang tinggi agar ibu menyusui selalu bertenaga. Camilan untuk ibu menyusui dengan kadar karbohidrat yang tinggi adalah kentang. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, kentang mengandung kadar gula yang rendah. Sehingga, kentang bisa dijadikan camilan untuk diet ibu menyusui. Kentang bisa diolah dengan cara dijadikan salad. Cara membuat salad kentang adalah dengan merebus kentang. Kemudian, rebusan kentang dicampur dengan aneka sayuran dan minyak zaitun.

  • Ikan

Ikan merupakan pilihan tepat untuk camilan ibu menyusui. Ikan mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak bayi. Bayi yang sering mengonsumsi bahan makanan dengan omega 3 akan tumbuh menjadi bayi yang cerdas. Ibu menyusui bisa mengonsumsi ikan yang sudah dioleh menjadi sarden. Namun, sebelum mengonsumsi ikan sarden, ibu menyusui bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap ikan laut.

  • Sayur

Sayur merupakan bahan makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sayur mengandung kadar air yang tinggi yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menyusui. Di dalam sayur juga terkandung protein nabati dan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan ibu menyusui dan bayi. Sebagai camilan sehat untuk ibu menyusui, sayur bisa diolah menjadi sup, salad, atau tumis.

  • Kacang-kacangan
Baca Juga  Makanan Pelancar ASI Selain Katuk
pelancarasibanner

Kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang mengantung kadar protein nabati serta lemak esensial yang alami. Resep cemilan untuk ibu menyusui yang terbuat dari kacang sangatlah bervariasi karena kacang-kacangan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga beragam. Ibu menyusui bisa mengonsumsi kacang hijau, kacang kedelai, kacang edamame, atau kacang almond sebagai camilan yang sehat. Kacang bisa disantap secara langsung, direbus, dipanggang, atau diolah menjadi makanan seperti bubur. Sebaiknya hindari kacang goreng karena terlalu berlemak.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!