Daftar Sayuran Untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Perbanyak Asi

Daftar Sayuran Untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Perbanyak Asi

pelancarasibanner

Setelah sang buah hati lahir ke dunia dengan selamat, pastilah selaku orang tua merasa bahagia yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Segalanya pun telah dipersiapkan untuk menyambut sang buah hati. Namun, perjuangan seorang ibu tidak hanya sampai disini saja, masih ada proses menyusui yang semestinya dijalankan guna memenuhi kebutuhan nutrisi si buah hati.

Pada saat masa menyusui tentu ibu membutuhkan nutrisi lebih agar ASI dapat keluar dengan lancar. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar produksi ASInya bisa lancar salah satunya yaitu dengan mengonsumsi sayuran untuk ibu menyusui.

Nah, apa sajakah sayuran yang dianjurkan untuk ibu menyusui? Jika Anda penasaran, yuk langsung saja simak ulasan yang menarik berikut ini.

Daftar Sayuran Untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Perbanyak Asi

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Sayur bayam

Sayur bayam memang sudah sangat familiar sekali di kalangan ibu rumah tangga dan juga mudah dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket. Bagi ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur ini karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan secara tidak langsung bisa menggantikan peran dari susu.

Alangkah baiknya jika sayuran untuk ibu menyusui ini sering dikonsumsi karena sangat baik untuk melancarkan ASI dan menyehatkan tubuh tentunya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan bahwa sayur ini tidak bisa dipanaskan ulang. Artinya hanya bertahan selama satu hari saja tidak bisa dipanaskan dan disimpan untuk keesokan harinya.

  1. Sayur katuk

Sayur katuk memang jarang sekali dikonsumsi saat tidak dalam masa menyusui. Ya, ini dikarenakan rasa sayurnya yang tidak begitu sedap. Namun, jika Anda sedang menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur ini karena sudah terbukti sejak zaman dahulu dapat meningkatkan produksi ASI.

Sayur katuk ini memiliki aroma yang khas dan tak banyak orang yang menyukainya. Namun, jika Anda bisa mengolahnya dengan baik, sayur ini akan terasa lezat dan membuat Anda ketagihan.

  1. Sayur brokoli

Brokoli memang dapat dikategorikan sebagai sayuran yang lumayan mahal untuk kalangan menengah ke bawah. Namun, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya memang tidak bisa dielakkan lagi. Dimana, sayur ini mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda dan juga si kecil.

pelancarasibanner

Tak hanya itu saja, sayuran untuk ibu menyusui ini juga memiliki kandungan yang dipercaya dapat mempertajam ingatan Anda. Apakah Anda tidak percaya? Coba saja buktikan sendiri.

Sejatinya, semua sayuran hijau memang baik untuk ibu menyusui, oleh karena itu selama masa menyusui Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau.

Dengan begitu, tubuh Anda pun akan tetap sehat, terhindar dari penyakit, dan yang lebih penting lagi adalah ASI menjadi lancar. Setiap ibu pastinya ingin memberikan semua yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk juga dalam urusan menyusui.

  1. Wortel

Tentu khasiat dari wortel sudah tidak perlu diragukan lagi. Wortel ini menjadi sayur yang  wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui karena memang khasiatnya sangat dahsyat untuk tubuh terutama untuk ketajaman mata Anda dan juga si kecil.

Bahkan, mengonsumsi wortel secara rutin dipercaya dapat menjadikan mata Anda lebih sehat dan mengurangi minus pada mata. Jika Anda tidak suka mengonsumsi wortel yang masih mentah, silahkan buat olahan yang lezat dari wortel. Anda bisa membuat sop yang ditambahkan dengan wortel, atau mengonsumsi wortel kukus, ataupun mengonsumsi wortel dengan cara dibuat juice.

Catatan penting yang harus diperhatikan jika ingin memasak wortel adalah jangan terlalu lama memanaskannya karena akan mengurangi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Selamat mencoba.

  1. Sayur kangkung

Kandungan gizi yang terdapat di dalam sayur kangkung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kandungan gizi yang ada pada sayur bayam. Namun, keduanya memang memiliki rasa dan bentuk yang berbeda.

Meskipun begitu, sayur kangkung dan bayam sama-sama bermanfaat untuk ibu menyusui. Dimana, produksi ASI Anda akan berlimpah dan kebutuhan nutrisi si kecil pun akan terpenuhi. Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk mengonsumsi sayuran untuk ibu menyusui ini.

Bagaimana, apakah Anda sudah tahu apa saja daftar sayuran untuk ibu menyusui? Jika sudah, silahkan persiapkan budget Anda untuk membeli sayuran tersebut agar ASI-nya melimpah dan kebutuhan nutrisi si kecil bisa tercukupi.

pelancarasibanner