Home » melancarkan asi » Inilah Sumber Makanan Pelancar Asi Yang Baik

Inilah Sumber Makanan Pelancar Asi Yang Baik

Inilah Sumber Makanan Pelancar Asi Yang Baik – Seringkali ibu dilanda kecemasan saat produksi asinya terhambat. Terlebih kalau menilik segudang manfaat yang ditawarkan asi tidak ada duanya. Tentu perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskan berhenti memberikan asi dan menggantinya dengan susu formula.

Air susu ibu yang sangat diperlukan oleh bayi, terutama saat usia emasnya, yakni 0-6 bulan akan mendongkrak perkembangan otak secara signifikan. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa anak yang diberi asi eksklusif cenderung lebih cerdas dan tanggap.

Sumber makanan pelancar asi setidaknya menjadi referensi yang wajib Anda kuasai. Suplai zat gizi yang Anda makan juga berpengaruh terhadap kualitas asi yang dihasilkan. Makanan, perkara sepele yang kerap diluputkan oleh sebagian besar orang ini punya andil yang besar dalam kelancaran asi.

Di samping itu, kudapan yang Anda santap juga berfungsi sebagai cadangan energi untuk menjalani rutinitas yang padat, terlebih jika usia si kecil baru beberapa bulan. Kerapkali Anda dipaksa begadang demi bisa melayani si buah hati dengan maksimal. Untuk itulah diperlukan kecermatan saat Anda berniat menghidangkan menu yang tepat setiap harinya.

Sumber Makanan Pelancar Asi Yang Baik

Nah, bagi Anda, ibu menyusui yang sedang bingung mencari panduan paling akurat seputar sayur atau buah-buahan yang recommended untuk membuat asi melimpah, beberapa sumber makanan pelancar asi di bawah ini adalah jawabannya.

  1. Edamame

Jenis kacang-kacangan ini kondang dengan sebutan kedelai Jepang. Ditengarai sebagai rajanya potein nabati, edamame dibekali dengan Vitamin K, mangan, asam folat, Vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Edamame yang bisa dengan gampang Anda jumpai di supermarket terdekat ini baik untuk memenuhi pasokan protein bagi ibu yang mencapai 65 gr.

Bila selama ini Anda bosan dengan daging atau ikan, Edamame adalah pilihan yang cocok untuk menggantinya. Kekurangan protein dikhawatirkan akan membuat produksi air susu berkurang.

pelancarasibanner

Sumber makanan pelancar asi ini dapat Anda olah menjadi camilan sehat dengan direbus atau dicampurkan dengan omelet dan sup.

  1. Pepaya

Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna jingga ini?. Ya, pepaya yang bisa dimanfaatkan dari akar hingga bunganya ini dilengkapi dengan Vitamin A, Asam folat, kalium, kolesterol yang rendah, lemak jenuh, serta natrium.

Baca Juga  6 Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Pepaya mempunyai 33 % kandungan vitamin dan 50 % kalium yang lebih banyak dibanding jeruk. Merawat bayi butuh tenaga yang ekstra, sehingga Anda harus memasok kalium agar tidak mudah lelah.

Menipisnya zat ini di dalam tubuh juga menyebabkan perubahan suasana hati, sementara saat menyusui Anda harus berpikiran positif dan bahagia.

Adapun bunga pepaya yang masuk dalam jajaran sumber makanan pelancar asi mampu menyuplai kalsium serta fosfor. Bunga yang warnanya kuning pucat ini bertugas mempercepat protein karena adanya enzim papain. Anda bisa menumisnya atau disiram air didih untuk lalapan.

  1. Daun katuk

Ketersediaan sayuran hijau ini tergolong berlimpah. Apalagi untuk negara tropis serupa Indonesia yang subur dan menjadi rumah bagi ribuan spesies baik flora maupun fauna.

Daun katuk kaya akan protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan vitamin C. Katuk juga menyimpan alkaloid dan sterol yang berdampak pada produksi ASI. Dalam 100 gr daun katuk terkandung 239 vitamin C. Sehingga Anda tidak perlu minum suplemen agar fit sepanjang hari.

Sumber makanan pelancar asi yang sudah dipercaya khasiatnya secara turun-temurun oleh wanita nusantara ini dipercaya mampu memperlancar ASI karena asam seskuiterna yang ada di dalamnya. Untuk pengolahannya, anda bisa memasak sayur bening katuk yang ditambahkan jagung muda atau kecambah.

  1. Pare

Hadir dengan ciri khasnya yang pahit, pare acap dihindari lantaran bau getir yang enggan hilang. Padahal, favorit sebagian besar orang yang menjadikannya sebagai oseng ini ditenagai dengan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel terhadap kerusakan, menjaga kesehatan gigi, tulang, gusi, serta penyerapan zat besi.

Senyawa fitokimia dan lutein pada sumber makanan pelancar asi ini akan merangsang produksi insulin. Baik untuk ibu menyusui yang menderita diabetes karena efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga kondang sebagai antikanker, antibiotik, dan pembasmi cacing usus.

  1. Bayam hijau atau merah
Baca Juga  8 Cara Memperlancar Asi Yang Kering

Belum banyak yang tahu kalau bayam adalah sayur sekali makan dan tidak boleh dipanasi ulang. Hal ini beresiko menghilangkan vitamin yang tersimpan di dalamnya. Bayam yang tidak memiliki kalori berlebih ini sama sekali tidak menyuplai lemak, tapi ia sarat nutrisi.

Pilihlah bayam yang berwarna pekat, yang artinya karotennya mumpuni, dan ampuh melawan radikal bebas. Sumber makanan pelancar asi ini menyuguhkan vitamin B6, zat besi, protein, thiamin, riboflavin, kalsium, Vitamin A, C, E, K, dan magnesium. Bayam juga akan membangun sistem kekebalan tubuh bagi agar kuat.

Perlu digaris bawahi jika ibu yang sedang memberi asi untuk anaknya butuh vitamin lebih tinggi daripada wanita hamil.

  1. Kacang hijau

Anda mungkin suka meraciknya menjadi bubur, es, atau kue basah yang nikmatnya bukan main. Kacang hijau bisa dikatakan nol kolesterol, namun tetap membuat Anda kenyang karena lemak jenuhnya. Kacang ini menawarkan Tiamin yang akan mengubah karbohidrat menjadi energi bagi ibu menyusui. Tiamin yang tidak dicukupi akan membuat Anda mudah tersinggung, sulit konsentrasi, dan kurang bersemangat. Mood yang baik untuk memicu hormon oksitosin agar mengeluarkan asi dengan kapasitas banyak.

  1. Semangka

Buah cantik dengan takaran air yang hampir 70% ini rupanya andil juga dalam mendorong produksi asi anda. Semangka sangat direkomendasikan untuk mereka yang sedang menggalakkan program diet. Ia juga bisa melunasi porsi cairan di dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Dalam sehari, ibu menyusui harus minum 8 gelas air mineral dan ini mutlak. Semangka diliputi oleh sejumlah vitamin seperti A dan C, lemak jenuh, kolesterol, asam folat, serta kalium.

Jus semangka adalah penerapan dari sumber makanan pelancar asi yang enak, atau anda pun bisa menyertakannya dengan buah lain sebagai salad. Agar terhindar dari kuman yang membuatnya cepat busuk, anda bisa menaruhnya di dalam kulkas.

Upaya ini akan memuaskan apabila dibarengi dengan pengontrolan diri untuk tidak minum kopi, soda, maupun merokok.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!