Home » payudara menyusui » Teknik Memerah ASI dengan Tangan yang Mudah

Teknik Memerah ASI dengan Tangan yang Mudah

Teknik Memerah ASI dengan Tangan yang Mudah

Memerah ASI adalah salah satu cara agar para ibu tetap bisa menyusui buah hatinya walaupun mereka harus bekerja atau memiliki aktivitas padat yang membuat mereka tidak sempat memberikan ASI untuk anaknya. Teknik memerah ASI dengan tangan yang akan kita bahas pada artikel kali ini pasti akan sangat bermanfaat pada ibu yang sedang memberikan ASI hingga usia bayinya mencapai umur dua tahun. Tentu Anda sudah tahu bahwa ASI merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi walaupun ASI masih bisa diganti dengan susu formula. Di zaman sekarang, memerah ASI sudah bisa dilakukan dengan menggunakan pompa khusus yang dirancang agar memudahkan ibu yang sedang dalam masa menyusui. Namun memerah ASI dengan tangan dapat menjadi hal paling alami yang bisa dilakukan oleh ibu.

Memerah ASI dengan Tangan

Berikut ini adalah teknik memerah ASI dengan tangan yang paling mudah dan paling sering dilakukan oleh para ibu di seluruh dunia.

Cara Memerah ASI Menggunakan Tangan

  1. Siapkan tempat ASI dan bersihkan

Sebelum Anda memulai teknik memerah ASI dengan tangan, siapkan tempat untuk penamping ASI. Tempat penampungan yang paling baik adalah tempat dengan bentuk lubang yang lebar agar tidak membuat ASI sulit masuk. Sebelum menggunakan tempat tersebut, Anda harus mencuci bersih tempat ASI hingga steril. Anda bisa mensterilkan tempatnya dengan cara mencuci menggunakan air panas atau air mendidih. Cuci juga botol-botol untuk tempat penampungan ASI berikutnya. Cuci botol susu bayi hingga beanr-benar steril. Langkah ini dapat membantu ibu agar bayinya tidak mudah sakit karena terkena infeksi.

  1. Cuci tangan
Baca Juga  Kenali Ciri Payudara Yang Banyak ASI

Setelah Anda mencuci tempat ASI hingga steril, sekarang cucilah tangan Anda agar tidak ada bakteri atau virus yang dapat masuk ke dalam ASI, Ingatlah bahwa Anda akan memerah ASI dengan menggunakan tangan Anda sendiri, jadi sumber penyakit bisa saja datang dari tangan Anda. Jika Anda mencuci tangan menggunakan sabun maka bersihkan atau bilas berulangkali dengan air hangat. Jangan sampai tangan Anda juga terkontaminasi oleh sabun yang dapat masuk ke dalam ASI.

  1. Cari tempat yang nyaman

Agar teknik memerah ASI dengan tangan dapat berjalan dengan baik, maka carilah tempat atau buatlah suasana yang nyaman, suasana yang tenang dan terbebas dari gangguan. Dengan cara inilah maka Anda bisa berhasil memerah ASI denga jumlah banyak serta tidak merasa tertekan.

  1. Pijat payudara
pelancarasibanner

Setelah Anda sudah menemukan tempat dan suasana yang nyaman, maka Anda bisa memijat payudara untuk memerah ASI. Pijatlah payudara dengan lembut mulai dari bagian bawah ke arah puting. Lakukan pijatan ini selama kurang lebih dua hingga tiga menit. Lalu letakkan jari kelingking pada bagian bawah payudara Anda yang menghadap ke tulanng rusuk. Kemudian ibu jari diletakkan di bagian atas puting payudara dengan jarak sekitar 3 cm. Lakukan gerakan pijatan tersebut, ingatlah bahwa susu berasal dari dalam payudara sehingga gerakan jari Anda harus bisa mencapai bagian dalam payudara.

  1. Peras payudara
Baca Juga  Efek Pompa ASI Terhadap Payudara

Jika Anda merasakan aliran susu dari dalam payudara Anda maka usahakan untuk tetap memijat payudara dengan gerakan yang sama. Lalu dalam waktu beberapa menit susu akan keluar dari puting Anda. Gerakan ini bisa Anda lakukan berkali-kali dengan memeras payudara sehingga susu bisa mengalir saat sedang disusui oleh buah hati Anda.

Demikian teknik memerah ASI dengan tangan. Jika air susu sudah mengalir dengan lancar maka atur posisi Anda agar lebih nyaman.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!