Home » susu formula » Tips Memilih Merk Susu Formula Bayi Terbaik

Tips Memilih Merk Susu Formula Bayi Terbaik

Tips Memilih Merk Susu Formula Bayi Terbaik

Susu merupakan makanan yang penting untuk bayi yang baru lahir terutama air susu ibu. Pemberian ASI secara eksklusif sudah diwajibkan mulai bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Setelah itu bayi bisa diberi nutrisi tambahan selain ASI yaitu susu formula. Saat ini sudah banyak merk susu formula bayi terbaik yang ditawarkan untuk memenuhi nutrisi tambahan bagi pertumbuhan bayi. Anjuran pemberian nutrisi tambahan ini diberikan pada usia 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan pada usia setelah 6 bulan saluran pencernaan bayi sudah dipersiapkan untuk menerima nutrisi yang lebih banyak. Namun dalam pemberian nutrisi lain disamping pemberian ASI harus disesuaikan dengan usia bayinya agar pemberian nutrisi bisa lebih maksimal.

Susu formula dibuat dengan kandungan yang hampir mendekati seperti nutrisi yang ada pada ASI. Setiap susu formula yang ada di pasaran berbeda-beda kandungan nutrisinya. Sehingga sebelum memberikan susu formula kepada bayi, hendaknya ibu memilih merk susu formula bayi terbaik yang memiliki kandungan nutrisi hampir mendekati ASI. Pemilihan susu formula harus dilakukan dengan cermat, karena tidak semua bayi menyukai susu formula dan masing-masing memiliki respon berbeda terhadap pemberian susu formula tertentu. Sehingga seorang ibu harus bisa memilih susu formula yang terbaik untuk bayinya, agar bayinya bisa tumbuh dengan baik. Ada beberapa cara untuk bisa memilih merk susu formula yang terbaik untuk bayi, antara lain :

Baca Juga  Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI

merk susu formula bayi terbaik

  • Kualitas susu formula

Kualitas susu formula merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan karena dalam hal ini sangat menjamin pada hasilnya. Susu formula dalam produksinya harus mengikuti aturan atau standar yang berlaku dalam  hal ini harus mendapat izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Setiap ibu hendaknya memperhatikan susu formula yang akan diberikan untuk bayinya telah mendapat izin BPOM. Jika suatu produk sudah mendapat izin BPOM maka produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

  • Sesuaikan dengan kondisi anak

Merk susu formula bayi terbaik harus dipilih sesuai dengan kondisi anaknya. Kondisi setiap anak berbeda-beda maka dalam memberikan susu formula hendaknya dengan takaran yang bertahap. Hal ini dilakukan agar bisa melihat kemampuan anak dalam menerima makanan barunya dan bisa mengontrol takaran yang pas untuk kondisi anaknya.

  • Sesuai usia anak

Hal yang sangat diperhatikan selanjutnya adalah memilih susu formula yang disesuaikan dengan usia anak. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dari masing-masing susu formula dibedakan berdasakan usia dan hal ini berhubungan dengan kesiapan saluran cerna bayi untuk bisa menyerap nutrisi dari susu formula.

  • Pilih susu formula yang mengandung nutrisi mendekati ASI

Dalam memilih merk susu formula bayi terbaik perlu memilih susu formula yang mengandung nutrisi mendekati dengan nutrisi yang ada dalam ASI. Nutrisi yang kurang lebih terdapat dalam ASI seperti protein 1 gr, lemak 4.2 gr, karbohidrat 7 gr, laktoferin 250-270, vitamin A 60 mcg, vitamin D 0.01 mcg, vitamin C 3.8 mcg, kalsium 35 mg, fosfor 15 mg, besi 76 mcg, natrium 15 mg, Ig A 119.6 mg, Ig G 2.9 mg, Ig M 2.9 mg, lisosin 24.3- 27.5 mg. Para harus bisa memilih susu formula yang memiliki kandungan mendekati ASI agar bayinya dapat mengalami pertumbuhan yang baik.

Baca Juga  Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula
pelancarasibanner

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa memilih merk susu formula bayi terbaik agar pertumbuhan bayi dapat berjalan dengan baik. Bayi juga tetap dalam keadaan sehat tanpa ada efek samping akibat dari pemberian susu formula.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!