Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui – Bulan ramadhan adalah bulan dengan penuh ampunan dan keberkahan. Setiap orang muslim menjalankan ibadah puasa dengan bahagia, tidak terkecuali ibu yang sedang menyusui. Seorang ibu yang sedang menyusui diperbolehkan untuk tetap menjalankan ibadah berpuasa. Meski hal ini berat, namun tidak jarang banyak ibu menyusui yang memang merasa kuat untuk berpuasa.

Dan bagi ibu menyusui ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin berpuasa. Yaitu mulai dari makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka. Selain itu ada pula hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Apa sajakah itu? Berikut adalah tips puasa ibu menyusui.

  1. Makan yang Banyak Saat Sahur

Karena berpuasa menahan lapar dari subuh hingga maghrib, maka ibu menyusui perlu energi yang cukup. Untuk memperoleh energi tersebut yaitu dengan cara makan-makanan yang banyak saat sahur.

Tambah porsi makan dan perbanyak makanan yang bergizi. Jika setiap harinya makan nasi, maka tambah saja porsinya. Kemudian untuk lauk-pauk juga bisa ditambah supaya energi tersimpan banyak.

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Makan-makanan yang cukup tersebut akan menjaga kondisi ibu menyusui selama seharian hingga berbuka puasa. Ini juga yang akan menjaga simpanan ASI tetap banyak, karena seorang bayi membutuhkan ASI yang cukup supaya bisa tumbuh dengan optimal.

  1. Perbanyak Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi wajib disantap ibu menyusui setiap harinya. Apalagi saat berpuasa, cukupi kebutuhan gizi saat sahur. Tips puasa ibu menyusui yaitu bisa dengan menyantap makanan yang bergizi seperti sayuran, daging, tempe, ikan, tahu, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan makanan sehat lainnya. Dengan mencukupi kebutuhan gizi ini makan saat berpuasa tubuh tidak akan lemas dan kebutuhan ASI anak bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Minum Air Putih yang Banyak
Baca Juga  Cara Pompa Asi Agar Keluar Banyak

Air putih berfungsi untuk menjaga cairan tubuh, apalagi saat puasa tubuh bisa saja kehilangan cairan. Maka dari itu saat sahur usahakan untuk minum air putih yang cukup. Dengan tips puasa ibu menyusui inilah anda bisa menjaga keadaan tubuh dalam keadaan baik, sehingga dalam pemberian ASI kepada si bayi pun menjadi lancar.

  1. Minum Susu
pelancarasibanner

Susu adalah energi tambahan untuk ibu hamil. Minum susu sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian apalagi ketika puasa. Ibu bisa minum susu pada malam hari sebelum tidur dan ketika sahur. Dengan minum susu maka tubuh akan sehat dan energi pun semakin bertambah. Susu yang bisa Anda minum seperti susu khusus ibu menyusui, susu kental manis, susu murni, susu kaleng, dan lain sebagainya.

  1. Berbuka Puasa Dengan yang Manis-manis

Saat berbuka puasa kita disunahkan untuk menyantap makanan yang manis. Demikian pula dengan ibu menyusui, setelah seharian menahan lapar dan haus bersama di bayi maka makan atau minumlah yang manis-manis. Dengan begitu energi bisa terisi kembali dan ASI akan selalu lancar keluarnya.

Ada banyak sekali makanan manis yang bisa ibu santap ketika berbuka puasa seperti kurma, buah-buahan segar, teh manis hangat, pudding, jus, dan lain sebagainya.

  1. Makan yang Cukup Saat Berbuka Puasa

Tips puasa ibu menyusui yang selanjutnya adalah dengan makan cukup ketika berbuka puasa. Ingat saat berbuka puasa tidak boleh makan berlebihan, hanya saja makan yang banyak ketika sahur.

Baca Juga  Cara Menyimpan dan Memberikan Asi Saat Travelling

Sebab saat berbuka puasa perut kita akan cepat kenyang. Seseorang kadang lapar dan ingin berbuka dengan ini itu, dan ujung-ujungnya kekenyangan ketika berbuka puasa. Jadi berhati-hatilah sebab makan berlebihan itu tidak boleh.

  1. Tidur yang Cukup

Seseorang yang sedang berpuasa cenderung merasa ngantuk, apalagi saat siang hari. Namun akan berbahaya jika ibu menyusui adalah wanita karir. Maka tidur saat siang hari menjadi pantangan apabila waktu kerja memang pada siang hari.

Oleh sebab itu, ketika malam hari sebaiknya jangan suka begadang, jika sudah waktunya tidur maka tidurlah supaya siang harinya tidak mudah ngantuk. Tidur yang cukup juga akan menjaga tubuh ibu menyusui tetap vit, dengan begitu puasa bisa menjadi lancar dan ASI pun cukup persediannya untuk si buah hati.

Ketujuh tips puasa ibu menyusui di atas bisa menjadi panduan ataupun informasi yang bisa membantu ibu dalam berpuasa. Semoga bermanfaat dan puasa selalu lancar.

pelancarasibanner