Home » Info » Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Memiliki momongan tidak bisa dipungkiri memang menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan. Terlebih bagi mereka yang sudah lama membangun biduk rumah tangga. Kehadiran buah hati seolah menjadi kado teristimewa yang siap melepas penat dan menjadi pelipur lara dalam kehidupan mereka.

Namun semua tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebagai orang tua, komitmen Anda dalam membesarkan buah hati pun harus dipegang tegung. Artinya, tak hanya mau mengerahkan waktu dan tenaga saja, anda pun harus memenuhi segala sesuatu yang menjadi kebutuhan mereka. Memberi asi misalnya.

Seperti yang anda ketahui, asi merupakan suplai nutrisi paling penting untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Terutama bagi bayi yang sedang berada dalam masa keemasan 0-6 bulan, kandungan gizi yang lengkap di dalam asi dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan dan menjadikan tubuh mereka lebih kebal.

Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Agar proses pemberian asi berjalan lancar, mengkonsumsi vitamin untuk ibu menyusui pun menjadi alternatif yang bisa Anda coba. Tetapi pemilihan suplemen ini harus tetap memperhatikan takaran yang ibu butuhkan, sehingga buah hati Anda dapat tumbuh dengan optimal dan kualitas asi yang dihasilkan pun lebih baik.

  1. Vitamin A

Jenis vitamin ini disebut-sebut memiliki dampak yang bagus untuk penglihatan. Nah, bagi Anda yang mendambakan kesehatan mata si kecil tetap terjaga, rajinlah menyantap sayur mayur dan buah-buahan yang dibekali dengan vitamin A.

Baca Juga  Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Anda bisa menemukannya pada kangkung, bayam, wortel, pepaya, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda pun tak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk bisa mendapatkannya. Vitamin untuk ibu menyusui ini juga dijual dalam bentuk kapsul siap minum.

  1. Vitamin C
pelancarasibanner

Himbauan agar ibu menyusui selalu menjaga kesehatannya memang bukan sekedar mitos belaka. Pasalnya daya tahan tubuh sang ibu juga secara tidak langsung akan berimbas pada ketahanan fisik bayi. Untuk itu, ibu menyusui perlu minum vitamin C sesuai dengan porsi yang disarankan oleh dokter. Vitamin C banyak terkandung pada jeruk. Adapun kegunaan dari vitamin untuk ibu menyusui ini antara lain mencegah flu, demam, dan sariawan.

  1. Vitamin B6

Perlu diketahui bahwa bayi yang gemuk belum tentu sehat. Anda pun harus mengontrol apa yang anda konsumsi yang tak hanya membuat tubuh mereka berisi tapi juga sehat. Pemenuhan nutrisi yang berasal dari Vitamin B6 perlu Anda lunasi. Anda bisa menjumpainya pada pisang, tomat, kacang-kacangan, ikan tuna dan brokoli. Vitamin ini tak hanya baik untuk ibu yang sedang memberikan asi eksklusif, tapi juga dapat membuat bayi Anda lebih bugar.

  1. Vitamin D

Beberapa orang sengaja berjemur di bawah matahari sebelum jam 9 pagi untuk bisa mendapatkan vitamin untuk ibu menyusui ini. Tak heran karena ini bisa dibilang sebagai terobosan yang paling murah dan mudah. Vitamin D juga bisa Anda temukan pada jamur, tahu, ikan tuna, minyak hati ikan kod, dan masih banyak lagi. selama menyusui, pastikan Anda tidak melupakan asupan yang satu ini.

  1. Vitamin E
Baca Juga  7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Anda mungkin sering menemukan merk kosmetik yang diproduksi dengan menyertakan bahan-bahan yang kaya akan vitamin E. Ya, vitamin ini diketahui mampu membuat kulit Anda termasuk ibu yang sedang menyusui menjadi lebih halus dan lembut. Vitamin untuk ibu menyusui ini dapat Anda peroleh dari almond, paprika merah, kacang hijau, kecambah, brokoli, dan lain sebagainya.

Jika Anda berniat membeli produk yang siap minum, maka konsultasikan dulu dengan dokter.

  1. Asam Folat

Vitamin untuk ibu menyusui ini akan bekerja secara maksimal apabila Anda juga sudah meminumnya sejak dalam masa kehamilan. Asam folat mampu menghindarkan bayi dari bahaya cacat serta kemungkinan lain yang berakibat fatal. Berbagai buah dan sayur yang mampu menyuplai asam folat antara lain hati sapi, jagung, alpukat, jeruk, dan kembang kol.

  1. Kalsium

Selain recommended untuk tulang dan pertumbuhan gigi pada bayi, kalsium juga berguna memperbaiki tulang yang rapuh pada ibu dan menyusun proses pembentukan tulang pada buah hati. Kalsium yang disuplai dengan rutin juga ampuh mengatasi pegal-pegal pada ibu menyusui.

Semoga bermanfaat.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!